Kamis, 06 Mei 2010

USER GUIDE SISTEM INFORMASI AKADEMIK: KEPEGAWAIAN

PENDAHULUAN

Modul yang berhubungan dengan Academic ini kita namakan ‘Kepegawian’. Modul Kepegawaian adalah modul Academic Portal yang berfungsi sebagai alat bantu pihak manajemen akademik (Perguruan Tinggi) dalam pengelolaan data pegawai dan history pegawai, daftar hadir pegawai, penilaian kinerja pegawai, pengusulan kenaikan gaji berkala, kenaikan jabatan dan kenaikan golongan, dan laporan statistik kepegawaian secara berkala berdasarkan hasil kolaborasi data kepegawaian yang ada pada Academic Portal.

Secara umum Modul kepegawaian ini dioperasikan oleh Admin dan User biasa, yang dapat menjalankan dan mempunyai hak akses modul kepegawaian.


PENSETTINGAN PARAMETER

Proses ini merupakan langkah awal dalam pembuatan informasi seoranag pegawai. Pensettingan ini dapat berupa informasi jenis pegawai, uni kerja pegawai, jabatan struktur.

Image:Setting_pegawai.jpg

Secara keseluruhan proses tampilan diatas adalah sama yaitu : Jika kita ambil contoh untuk menambah data Jenis Pegawai dapat melakukannya dengan menklik tombol Tambah, untuk edit dengan menekan tombol edit demikian juga dengan penghapusan.

Jenis Pegawai
Unit Kerja
Jabatan Struktural

Pegawai

Pada menu Pegawai jika di jalankan akan menampilkan menu-menu yang berkaitan dengan pengolahan data informasi biodata pegawai, keluarga pegawai, riwayat pendidikan pegawai dan pengelolaan setting yang berkaitan dengannya.

Image:Pegawai.jpg


Biodata Pegawai
Keluarga Pegawai
Riwayat Pendidikan Pegawai
Profile Pegawai

Penggajian

Menu ini adalah menu yang menerangkan informasi bagaimana penggajian pegawai di buat, data-data apa aja yang di butuhkan, bagaimana penggunaannya dan komponen-komponen apa aja yang mempengaruhi penggajian sorang karyawan.


Image:Penggajian.jpg


Tunjangan
Tunjangan Struktural
Tunjangan Kehadiran
Tunjangan Transport
Tunjangan Satpam
Tunjangan Akademik
Komponen Penggajian
Komponen Gaji
Jenis Komponen Gaji
Honor Mengajar
Gaji Pokok
Gaji Bulanan
Data Gaji Pegawai
Cetak Slip Pegawai
Tunjangan Otomatik
Potongan Otomatik
Rekap Gajih

Kenaikan Pegawai

Proses ini menerangkan proses pengolahan data kenaikan pegawai yang telah ditentukan sebelumnya. Didalamnya terdapat tiga pilihan menu yaitu kenaikan golongan pegawai, daftar usulan kenaikan Jabatan Akademik pegawai dan Kenaikan Jabatan Struktural Pegawai. Masing-masing proses pengolahan data ini mempunyai status kenaikan, keadaaan ini pun akan diolah untuk memperolah daftar pegawai yang akan diusulkan kenaikan atau memperoleh kanaikan berdasarkan golongan, jabatan akademik atau jabatan struktural.


Image:Kenaikan_pegawai.jpg


Kenaikan Golongan Pegawai
Kenaikan Akademik
Kenaikan Struktural

Data Pinjaman-Keuangan

Halaman ini beserta proses turunannya hanya bisa diakses oleh user dengan hak akses keuangan. Menu ini menjelaskan pengolahan data informasi jumlah peminjaman yang dilakukan pegawai, dan pembayarannya. Peminjaman ini jelas akan berpengaruh pada slip gaji yang diterima oleh pegawai.


Image:Peminjaman.jpg


Jumlah Peminjaman
Pembayaran
Info Peminjaman

Klaim Kesehatan

Halaman ini beserta proses turunannya hanya bisa diakses oleh user dengan hak akses keuangan. Menu ini menjelaskan pengolahan data informasi jumlah tunjangan kesehatan pada golongan pegawai dan memberikan informasi klaim kesehatan apabila pegawai (golongan) tersebut menggunakan atau melakukan cek up kesehatan pada rumah sakit atau poliklinik-poliklinik. Klain kesehatan ini berupa proses pelampiran kwitansi pembayaran saat berobat.


Image:Klaim_kesehatan.jpg


Jumlah Tunjangan Kesehatan
Klaim Kesehatan

Daftar Hadir

Daftar hadir merupakan proses data dari kehadiran seluruh pegawai dimana data untuk kelancaran dalam perhitungan gaji pegawai.


Image:Daftar_kehadiran2.jpg


Entry Kehadiran
Rekap Kehadiran Pegawai

Konfigurasi

Konfigurasi adalah setting yang berkaitan dengan penggunaan informasi pada modul kepegawaian, misalnya jumlah paging per item halaman, nama perguruan tinggi, nama kepala bagian dan infromasi lainnya, akan di jelaskan di bawah ini. Semua konfigurasi ini dapat diubah kapan saja.


Image:Konfigurasi.jpg


Masukan item pencarian untuk pengaturan halaman, Group Dosen dan kepala bagian keuangan serta setting-setting konfigurasi lainnya.

Konfigurasi ini yang paling penting adalah Direktori foto pegawai dan dikrektori file kesehatan. Sebagai contoh adalah : module/kepegawaian/fotopeg….. nama fotopeg adalah optional artinya bisa diganti atau di tambahkan, asalkan setelah penamaan ini diberikan tanda “/”. Seperti contoh tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di blog Sistem Informasi Akademik