Kamis, 06 Mei 2010

FITUR SISTEM INFORMASI AKADEMIK: ACADEMIC PORTAL: E-LEARNING

FITUR SISTEM INFORMASI AKADEMIK: ACADEMIC PORTAL: E-LEARNING


CLASS ACTIVITY

Modul ini merupakan modul eLearning Academic Portal. Modul ini merupakan pengembangan dari Learning Management System (LMS) Moodle, yang telah disesuaikan dengan sistem pendidikan tinggi di Indonesia.

Class Activity

Modul-modul berikut adalah yang berkaitan dengan administratif kegiatan perkuliahan. Pada gambar di atas, posisinya adalah modul-modul yang berada di oval bujursangkar bagian tengah.


eLearningProses Belajar mengajar interaktif antara dosen dan mahasiswa.
AssigmentModul Asignment memberi fasilitas terhadap pengajar untuk menetapkan tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dalam bentuk hasil digital (sembarang format) dan mengirimkannya dengan cara mengupload ke server. Jenis tugas termasuk essay, perancangan, laporan dll. Modul ini mempunyai fasilitas penilaian.
ChatModul ini memungkinkan peserta untuk melakukan diskusi secara real-time menggunakan web. Fitur ini sangat berguna untuk mendapatkan saling kepemahaman atas topik yang sedang didiskusikan – chat room ini berbeda dengan online forum pada umumnya. Modul ini terdiri dari beberapa fitur untuk mengatur dan melihat diskusi.
ChoiceModul Choice adalah sangat sederhana - pengajar memberi pertanyaan dan menentukan pilihan dari beberapa tanggapan. Ini akan sangat berguna untuk polling sistem cepat untuk memberi gairah pada sebuah topik; untuk membolehkan kelas untuk memberi masukan pengembangan untuk kursus; atau untuk mengumpulkan riset tertentu.
DatabaseModul ini memungkinkan pengajar dan/atau siswa untuk membuat, menampilkan, dan mencari dari kumpulan entri record tentang sesuatu topik. Format dan stuktur dari entri ini hampir tidak terbatas, termasuk di dalamnya citra, file, URL, angka, dan text. Cara penggunaannya mirip dengan teknologi serupa seperti Microsoft Access atau Filemaker.
ForumModul ini dapat menjadi yang paling penting, disinilah tempat diskusi selalu terjadi. Forum dapat disusun dengan beberapa cara yang berbeda, dan dapat berisi nilai yang membandingkan tiap posting. Posting tersebut dapat ditampilkan dalam beberapa format, dan dapat berisi attachment. Dengan berlangganan pada forum, peserta akan menerima kopi dari tiap posting baru pada email mereka. Pengajar dapat memaksa untuk berlangganan pada semua peserta jika dia menginginkannya.
Glossary
  • Memungkinkan peserta untuk membuat daftar definisi-definisi, semacam kamus.
  • Dapat di-search dan di-browse di beberapa format. Memungkinkan pengajar untuk meng-export entri dari glossary yang satu ke yang lainnya dalam satu course yang sama.
  • Jika glossary autolinking di-enable-kan oleh administrator, maka akan secara otomatis akan membuat link ke entri ini pada course yang bersangkutan.
LessonModul ini dapat membuat materi pembelajaran lebih menarik dan fleksibel. Materi pembelajaran akan terdiri dari beberapa halaman. Tiap-tiap halaman memiliki konten dan akan mengarah ke halaman yang lain. Di sembarang halaman, siswa dapat diberikan pilihan untuk menentukan halaman apa yang akan dilihat selanjutkan, atau tidak diberikan pilihan sama sekali atas apa yang akan dilihat selanjutnya. Biasanya digunakan untuk tipe halaman yang mengandung pertanyaan. Halaman pertanyaan memiliki konten yang mana biasanya berakhir dengan sebuah pertanyaan dan diperlihatkan beberapa alternatif jawabannya.
SurveyModul Survey memberikan beberapa alat survei yang teruji yang ditemukan sangat berguna dalam hal menilai dan memberi semangat belajar pada metode pengajaran. Pengajar dapat menggunakannya untuk mengumpulkan data dari siswa yang akan membantu dalam mempelajari kelas mereka dan merefleksikan cara mereka memberi pelajaran.
QuizModul Quiz memberi fasilitas terhadap pengajar untuk membuat paket tes dalam bentuk kuis, berisi pilihan ganda, benar-salah, dan soal jawaban singkat. Pertanyaan- pertanyaan ini akan disimpan dalam kategori database, dan dapat digunakan kembali dalam kursus dan bahkan antara kursus. Kuis dapat membolehkan beberapa kali percobaan jawaban. Tiap kali percobaan menjawab secara otomatis ditandai, dan pengajar dapat memilih untuk memberikan saran atau memperlihatkan jawaban yang benar. Modul ini mempunyai fasilitas penilaian.
ResourceResource dapat berisi : informasi yang ingin pengajar sampaikan pada kursus. Ini dapat merupakan file yang dipersiapkan untuk diupload pada server kursus; halaman yang telah dipersiapkan langsung dari program kursus; atau halaman web dari luar yang telah dibuat sebagai bagian dari kursus ini.
SCORM/AICCMemungkinkan pengajar untuk meng-upload materi dalam format SCORM atau AICC ke dalam course.
WikiWiki merupakan web dokumen yang disusun secara bersama-sama dengan prinsip kolaborasi. Pada dasarnya, halaman wiki adalah halaman web yang mana setiap peserta di dalam kelas dalam membuatnya secara bersama-sama, langsung di browser, tanpa harus mengerti tentang HTML.
WorkshopModul ini memungkinkan peserta untuk meng-assess project-project peserta yang lain.
Hot Potatoes QuizMemungkinkan pengajar untuk membuat kuis dalam bentuk Hot Potatoes dan TexToys. Kuis dibuat dalam komputer pengajar, dan kemudian diupload dalam course yang diajarkan. Setelah siswa mengerjakan kuis, akan disediakan beberapa report yang menunjukkan masing-masing pertanyaan yang dijawab dan beberapa statistik.
JournalModul ini sangat penting untuk merefleksikan kegiatan. Pengajar bertanya kepada siswa untuk menggambarkan topik khusus, dan siswa dapat mengubah dan memperbaiki jawaban mereka setiap saat. Jawaban ini bersifat pribadi dan hanya dapat dilihat oleh pengajar, yang mana dapat memberikan saran dan nilai untuk setiap masukan jurnal. Merupakan ide yang bagus untuk mempunyai satu buah aktifitas jurnal per minggu.
LAMSMemungkinkan untuk menggunakan resource dari LAMS International (http://www.lamsinternational.com) sebagai salah satu aktivitas pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di blog Sistem Informasi Akademik