Kamis, 06 Mei 2010

Konversi Data Nilai ke Sistem Informasi Akademik

Membuat software sistem informasi akademik untuk perguruan tinggi yang telah lama berdiri akan lebih rumit dibanding dengan Perguruan Tinggi yang baru akan berdiri. karena Perguruan Tinggi yang sudah lama berdiri mempunyai banyak data (manual tentunya) yang harus segera dimasukkan kedalam database. data tersebut adalah terutama data mahasiswa dan nilai mahasiswa. Input data nilai lama wajib dilakukan, karena software tidak bisa menghitung nilai IPK bila data nilai semester lalu tidak ada.

Sebagai gambaran, untuk Perguruan Tinggi yang masih manual sistem administrasi nilainya, data disimpan dalam bentuk file MS Excell dan mempunyai banyaaak sekali file, misalnya utk KHS itu filenya setiap mahasiswa satu file, dan dalam file tersebut terdapat beberepa sheet sesuai dengan jumlah semester mahasiswa tsb. atau bisa juga 1 file yang berisi data khs mahasiswa, hasilnya jadi paaaajang kebawah, jadi ternyata khs tsb dikopi paste kebawahnya.

Untuk konversi data bisa dengan cara manual, yaitu diinput satu persatu pada halaman input data yang sudah tersedia, atau bisa dengan cara cepat dengan import data dari MS Word atau MS Excell. Untuk import data dari file, pihak klien cukup memberikan file datanya dan pekerjaan konversi data biar dilakukan oleh tim software.

input data secara manual cenderung sangat merepotkan, karena butuh waktu yang sangat lama dan tenaga operator yang banyak. penerapan import data adalah yang lebih tepat. idealnya data yang mau diinput sudah rapi dalam file excel, formatnya contohnya seperti ini

NIMKODE MKNILAI
123456MKK023A
123456MKK024B

tapi gak mungkin klien ngasih data seperti ini, yang dikasih tentunya file excelnya yang selama ini dipake. Untuk mengatasinya, tetap gunakan file excel tersebut dan merapikan data seperlunya dengan membuat kolom yang tidak dibutuhkan, dengan kecanggihan php pekerjaan tsb bisa selesai dalam hitungan jam saja (utk membuat skrip php utk ekspor data), kalo utk waktu proses paling cuman beberapa detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di blog Sistem Informasi Akademik