Semester Tahun Ajaran
Pada bagian ini, staff prodi akan melakukan konfigurasi tanggal tanggal semester tahun ajaran, seperti tanggal di mulai/selesai semester, tanggal daftar ulang, tanggal mulai kuliah, tanggal UTS, tanggal UAS, tanggal penilaian UTS, tanggal penilaian UAS.
Pembuatan Tanggal Tanggal Semester
Pembuatan tanggal-tanggal semester ini harus dilakukan untuk semua program yang ada. Untuk masuk ke halaman ini,
klik Menu Master Prodi >> Data per Semester >> Semester tahun akademik.
Akan muncul tampilan sebagai berikut :
Klik tombol Tambah Semester, akan muncul isian tanggal-tanggal. Klik icon tanggal () untuk memilih tanggal.
Penjelasan tanggal-tanggal di atas sebagai berikut :
- Tanggal Mulai Semester : tanggal dimulainya semester, biasanya dimulai dengan kegiatan registrasi mahasiswa.
- Tanggal Selesai Semester : tanggal diakhirinya semester.
- Tanggal Daftar Ulang atau di sebut juga tanggal dimulainya KRS : tanggal di bukakan fasilitas KRS yang dapat di akses oleh mahasiswa, dosen.
- Tanggal Selesai Daftar Ulang : tanggal di tutupnya masa KRS.
- Tanggal Mulai PRS : tanggal dimulainya masa Perbaikan Rencana Studi. Pada masa ini mahasiswa dapat melakukan pembatalan kartu rencana studi yang di pilih pada masa KRS.
- Tanggal Selesai PRS : tanggal di tutupnya masa PRS.
- Tanggal Mulai Kuliah : tanggal dimulainya aktif di kelas perkuliahan.
- Tanggal Selesai Kuliah : tanggal selesainya kelas perkuliahan pada semeter dimaksud.
- Tanggal Mulai UTS : tanggal dimulainya UTS.
- Tanggal Selesai UTS : tanggal selesainya UTS.
- Tanggal Mulai UAS : tanggal dimulainya UAS.
- Tanggal Selesai UAS : tanggal selesainya.
- Tanggal Mulai Penilaian : tanggal dimulainya penilaian. Merupakan range penilaian secara global, baik penilaian untuk UTS maupun UAS. Sehingga dalam hal ini Tanggal Mulai Penilaian bisa di asumsikan sama dengan Tanggal Mulai Penilaian UTS.
- Tanggal Akhir Penilaian : tanggal selesainya penilaian. Di asumsikan sama dengan Tanggal Selesia Penilaian UAS.
- Tanggal Mulai Penilaian UTS : tanggal dimulainya penilaian untuk UTS. Harus masuk range Tanggal Mulai Penilain dan Tanggal Akhir Penilaian.
- Tanggal Selesai Penilaian UTS : tanggal selesainya penilaian untuk UTS. Harus masuk range Tanggal Mulai Penilain dan Tanggal Akhir Penilaian.
- Tanggal Mulai Penilaian UAS : tanggal dimulainya penilaian UAS.
- Tanggal Selesai Penilaian UAS : tanggal selesainya penilaian UAS.
Tanggal Mulai Penilaian UTS, Tanggal Selesai Penilaian UTS, Tanggal Mulai Penilaian UAS, Tanggal Selesai Penilaian UAS harus masuk range Tanggal Mulai dan Selasai Penilaian.
- Tanggal Mulai Evaluasi Kelas : tanggal dimulainya evaluasi. Biasanya untuk evaluasi kinerja dosen dari mahasiswa berupa angket.
- Tanggal Selesai Evaluasi Kelas : tanggal selesainya evaluasi.
- Tanggal Pelaksanaan Wisuda
Copy Paste Tanggal Tanggal Semester
Untuk memudahkan pembuatan tanggal-tanggal semester, terdapat fasilitas Copy Paste tanggal-tanggal Semester dari tanggal-tanggal semester yang telah di buat sebelumnya.
Syarat menggunakan fasilitas ini : - Sudah terdapat tanggal-tanggal semester Ganjil dan Genap yang telah dibuat minimal masing-masing satu untuk tiap jenis semester.
Langkah-langkap Copy Paste Tanggal-Tanggal Semeter :
- Klik Menu Master Prodi >> Data per Semester >> Semester tahun akademik
- Klik tombol Tambah Semester Copy
- Isi tahun ajaran
- Pilih semester
- Pilih Program Studi
- Pilih tanggal-tanggal seperti yang di copi
- Check list " Dengan Modifikasi Tahun + 1" jika tanggl-tanggal semester yang dibuat maju satu tahun
Mata Kuliah dan Kurikulum
Daftar Mata Kuliah
Fitur ini digunakan untuk membuat mata kuliah berdasarkan pengelolanya. Pengelola mata kuliah bisa institusi atau program studi.
Mata Kuliah Pusat/Institusi
Pada menu Mata Kuliah Pusat, bisa melihat menu mata kuliah institusi Mata Kuliah Institusi dan Mata Kuliah Prodi.
Pilih Menu Mata Kuliah Pusat yang ada di blok kiri, kemudian lakukan pemilihan Pencarian mata kuliah tertentu dengan mengisikan kata kunci pada Filter Kata Kunci, Filter Organisasi Pengelola dan Status Mata Kuliah.
Selanjutnya akan menampilkan halaman informasi mata kuliah secara lengkap: Kode Mata Kuliah, Nama Mata Kuliah, Deskripsi Singkat, Jumlah SKS dan Pilihan.
Ikon/Button
Link Fungsi Keterangan
- (edit) Mengubah Menampilkan form mata pengubahan mata kuliah
- Delete Menghapus Untuk menghapus mata kuliah
- Inactive/Active Inactive: mata kuliah tidak akan ditampilkan dalam menu-menu berikutnya tapi masih tetap tersimpan dalam database. Mata kuliah akan ditampilkan pada menu-menu berikutnya, status ini biasanya diberikan kepada mata kuliah- mata kuliah yang masih dalam kurikulum aktif.
Mata Kuliah Prodi
Pada menu Kurikulum, hanya bisa melihat Mata Kuliah Prodi. Hal ini disebabkan menu ini, bisa diberikan aksesnya untuk masing-masing program studi.
- 1. Pilih Menu Kurikulum yang ada di blok kiri
- 2. Pilih Menu Lihat Mata Kuliah
Selanjutnya akan menampilkan halaman informasi mata kuliah secara lengkap: Kode Mata Kuliah, Nama Mata Kuliah, Deskripsi Singkat, Jumlah SKS dan Pilihan.
Pembuatan Mata Kuliah
Pembuatan mata kuliah pun bisa dilakukan dengan menggunakan dua menu yaitu Menu Mata Kuliah Pusat dan Menu Kurikulum.
Pembuatan Mata Kuliah Pusat
Pada menu Mata Kuliah Pusat, bisa melihat Mata Kuliah Institusi dan Mata Kuliah Prodi.
- 1. Pilih Menu Mata Kuliah Pusat yang ada di blok kiri,
- 2. Pilih Menu Tambah Mata Kuliah, akan menampilkan Gambar Berikut
- 3. Lengkapi field pada Form Tambah Mata Kuliah
- 4. Klik tombol simpan
Pembuatan Mata Kuliah Prodi
Pada menu Kurikulum, hanya bisa membuat mata kuliah yang dikelola oleh Prodi. Hal ini disebabkan menu ini, bisa diberikan aksesnya untuk masing-masing program studi.
- 1. Pilih Menu Kurikulum yang ada di blok kiri,
- 2. Pilih Nama Program Studi yang akan ditentukan sebagai pengelola mata kuliah
- 3. Pilih Menu Mata Kuliah[Tambah Mata Kuliah], Akan muncul Gambar berikut
- 4. Lengkapi field pada Form Tambah Mata Kuliah
- 5. Klik tombol simpan
Edit Mata Kuliah
Langkah-langkah yang dilakukan untuk mengubah data mata kuliah adalah sebagai berikut :
1) Masuk Ke halaman daftar Mata Kuliah
2) Pilih Icon edit pada mata kuliah yang akan diubah datanya, seperti pada gambar berikut
3) Kemudian lakukan pengubahan data mata kuliah pada form berikut
4) Setelah pengubahan selesai dilakukan, klik tombol Perbaharui Mata Kuliah.
Daftar Kurikulum
Dibawah ini adalah halaman Lihat Kurikulum yang menampilkan Daftar Kurikulum pada yaitu halaman yang menampilkan daftar kurikulum yang pernah dan sedang berlaku pada suatu program studi/program kuliah seperti yang ditunjukkan oleh Gambar .
Untuk menampilkannya, pilih menu Kurikulum > Lihat Kurikulum, submenu tersebut pada suatu program studi/Program Kuliah berfungsi antara lain untuk:
- Melihat daftar kurikulum
- Melihat detail kurikulum
- Memperbaharui data kurikulum
Penjelasan Informasi yang ditampilkan Kolom/Link Keterangan • Nama Nama Kurikulum • Jumlah Jumlah semester yang digunakan dengan merujuk pada semester yang ada pada modul Akademik-->Semester -->Konfigurasi semester
Ikon Fungsi Keterangan
- Pensil Mengubah Melihat detail kurikulum, mengubah data kurikulum sekaligus menambah mata kuliah dan menghapus mata kuliah dari kurikulum
- Menghapus Untuk menghapus Kurikulum
Detail Kurikulum
Data Kurikulum menampilkan rincian isi kurikulum yang kita pilih. Pada Data Kurikulum terdapat rincian kurikulum yang antara lain menunjukkan Sebaran/Distribusi Mata kuliah per Kurikulum, Peminatan mata kuliah, Prasyarat Mata Kuliah, Prayarat Minimum SKS dan Semester, SAP, Program Terbagi, Dosen Pengampu/coordinator dan Nilai Lulus. Untuk mengubah atau menambah data-data tersebut, pilih pada kolom yang bersesuaian.
Penambahan Mata Kuliah pada Kurikulum
Penambahan Mata Kuliah dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:
- 1. Masuk ke halaman Detail kurikulum, Klik link Tombol Mata Kuliah pada semester yang bersesuaian
- 2. Pilih Pengelola Mata kuliah, dan bisa juga dipilih mata kuliah yang belum terdapat pada kurikulum atau mata kuliah yang sudah terdapat pada kurikulum. Kemudian klik tombol tampilkan.
- 3. Klik checkbox pada kolom Pilih dan klik tombol “Masukkan Ke Semester N” .
Membuat Kurikulum
Membuat Kurikulum Secara Manual
Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat kurikulum adalah sebagai berikut :
1) Dari halaman daftar kurikulum
2) Lengkapi field-field berikut:
- Nama Kurikulum = diisi dengan nama kurikulum
- Jumlah Group = jumlah semester
- Aktif = ya jika digunakan sebagai kurikulum aktif
3) Tentukan nama semester dan semester rujukan yang digunakan seperti terlihat pada Gambar berikut
Membuat Kurikulum Dengan Copy Paste
Dari halaman daftar kurikulum, klik tombol Tambah Copy
Jadwal dan Kelas Perkuliahan
Daftar Kelas Perkuliahan
Tampilan Kelas Mata Kuliah/Kelas Perkuliahan dikelompokkan berdasarkan semester tahun akademik dan kurikulum.
Untuk memasuki halaman ini, pilih Nama Prodi, kemudian pilih Menu kelas perkuliahan kemudian pilih semester tahun akademik dan kurikulum (default sudah terisi), selanjutnya klik tombol tampilkan. Halaman akan terlihat seperti pada Gambar dibawah ini.
Masing-masing kelas mata kuliah akan ditampilkan dibawah nama mata kuliahnya. Seperti yang ada pada Gambar diatas, mata kuliah Algoritma & Pemrograman (DK123) Sudah mempunyai kelas dengan kode yang sama dan jadwalnya juga sudah terisi. Sementara mata kuliah Agama (DU5032) belum dibuatkan kelas mata kuliahnya.
Default tampilan mata kuliah menggunakan paging huruf (A, B, C…) dan berdasarkan semester. Jika pertama kali memasuki halaman ini, mata kuliah yang ditampilkan kosong, mungkin disebabkan pada kurikulumdi semester terpilih(Genap misalnya) tidak ada mata kuliah dengan awalan huruf A.
Jika paging tidak diperlukan, Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan Menu Konfigurasi (Modul Course).
Seperti di jelaskan sebelumnya, mata kuliah yang ditampilkan pada halaman ini berdasarkan semester yang dipilih (semester dibukanya kelas) dan defaultnya akan merujuk ke pengelompokkan semester dan mata kuliah yang ada di kurikulum. Hal ini berarti mata kuliah yang dibuka di semester genap adalah mata kuliah yang memang di kurikulum dimasukkan ke semester-semester genap (2,4,6,8). Tapi jika ternyata pada pelaksanaannya, mata kuliah yang ditawarkan di semester genap bisa juga mata kuliah yang ada di semester ganjil dan begitu juga sebalikanya. Untuk menampilkan mata kuliah lintas semester tersebut, bisa dilakukan dengan menggunakan menu Menu Konfigurasi (Modul Course).
Membuat Kelas Perkuliahan
1. Klik tanda Plus tepat di sebelah nama Mata Kuliah, seperti pada gambar dibawah
2. Keterangan kelas perkuliahan terdiri dari kode kelas, Tanggal Kelas dimulai, Tahun ajaran, semester dan Kapasitas.
- a. Kode Kelas (default nama mata kuliah), jika akan diberikan nama sendiri langsung edit di bagian kode kelas
- b. Tanggal kelas dimulai (default sudah terisi, tidak perlu diubah).
- c. Tahun Ajaran (default sudah terisi, tidak perlu diubah).
- d. Semester (default sudah terisi, tidak perlu diubah)
- e. Kapasitas (default sudah terisi, tidak perlu diubah)
3. Tambahkan data pengajar dengan menggunakan tombol “…”, dan selanjutnya akan ditampilkan form pencarian nama dosen.
Lakukan pencarian pengajar dengan menggunakan bagian nama pengajar, misalnya “agung”. Maka hasil pencarian akan menampilkan semua pengajar untuk prodi bersangkutan yang mengandung kata “agung”.
Klik link Pilih pada dosen yang akan ditentukan sebagai pengajar kelas mata kuliah bersangkutan.
4) Buat jadwal untuk kelas mata kuliah tersebut dengan menggunakan form berikut. Pilih hari, jam mulai, jam selesai dan ruang kuliah.
5) Jika sudah yakin dengan semua data kelas yang dimasukkan, klik tombol simpan. Hasilnya akan terlihat seperti pada Gambar.
Rekap Jadwal
- Rekap Jadwal Berdasarkan Kelas
- Rekap Jadwal Berdasarkan Hari/Jam
- Rekap Jadwal Berdasarkan Dosen/Pengajar
Konfigurasi (Kelas Perkuliahan)
- Items Per Page : jumlah mata kuliah yang ditampilkan per halaman
- Set Peserta Kuliah : memunculkan icon set peserta kuliah pada halaman Daftar Kelas Pekuliahan
- Allow Custom Class : menampilkan mata kuliah lintas semester. Misalnya mata kuliah semester ganjil bisa dimunculkan di semester genap, begitupun sebaliknya
- Paging : menampilkan paging dalam bentuk Huruf/Karakter (A, B…)
Jadwal Ujian
1. PENENTUAN HARI/JAM/RUANGAN
- 1. Pilih menu Jadwal Ujian dan selanjutnya akan muncul Gambar berikut. Pilih Ujian (UTS/UAS) dan klik lihat daftar.pilih Ujian (UTS/UAS), klik lihat daftar
- 2. Klik tombol tambah jadwal, maka akan muncul pop up window yang menampilkan daftar kelas perkuliahan. pilih salah satu kelas perkuliahan yang akan dibuatkan jawalnya .
- 3. Isikan tanggal, Isi waktu dan pilih ruangan Klik tombol simpan
Dosen Pembimbing
Penentuan Pembimbing Akademik
Untuk masuk ke halaman ini, klik Menu Pembimbing Akademik. Pilih Program jika belum ada Program yang terpilih. Fitur ini digunakan untuk menentukan mahasiswa bimbingan. Pencarian awal berdasarkan nama pembimbing . seperti pada gambar berikut. Untuk melihat data bimbingan setiap dosen pembimbing, lakukan langkah-langkah berikut
- 1) Isikan kata kunci keyword pencarian nama pembimbing, kemudian klik tombol ok. Atau kosongkan jika akan menampilkan semua.
- 2) Pilih salah satu dosen pembimbing yang akan ditentukan anak bimbingnya.
- 3) Pilih salah satu dosen pembimbing yang. Kemudian klik tombol tampilkan mahasiswa bimbingan
Kemudian akan tampil gambar berikut :
- 4) Untuk menambahkan mahasiswa bimbingan, klik tanda plus yang berwarna hijau, kemudian akan tampil gambar berikut
- 5) Untuk menambahkan mahasiswa bimbingan, klik
Pencarian mahasiswa dilakukan per angkatan dan bisa difilter juga berdasarkan asal kabupatennya. Piliha salah satu mahasiswa yang akan dimasukkan ke dalam daftar bimbingan agung suyono Kemudian klik tombol pilih mahasiswa
Registrasi Mahasiswa Manual
Cara Registrasi Manual
Yang dimaksud dari registrasi manual mahasiswa adalah registrasi KRS maupun KPRS mahasiswa yang dilakukan via admin atau staff prodi yang berwenang.
Langkah-langkahnya :
- Klik menu Master >> Class Registration >> Manual KHS/KRS
- Isi form filtering sesuai keinginan
- Klik tombol "Cari"
- Akan muncul hasil pencarian tepat di bawahnya
- Klik link "[Lihat]"
- Akan muncul form pemilihan kelas perkuliahan
- Pilih Matakuliah dan jadwalnya
- Klik tombol "Daftarkan"
- Selesai
Managemen Absensi
Mengisi Absensi
Langkah-langkah mengisi absensi :
- Klik Menu "Daily Form" atau "Attedance"
- Pilih Program Studi (Prodi) jika belum terpilih
- Klik "Daftar Hadir Kuliah"
- Pilih Semester (default; semester berjalan)
- Klik tombol "Kelas" untuk memilih kelas perkuliahan
- Klik tombol "Sesi" untuk memilih sesi dari kelas perkuliahan dimaksud
- Klik tombol "Ok" untuk melihat list kehadiran
- Check List dosen dan mahasiswa untuk menandakan hadir pada sesi untuk kelas perkuliahan di maksud
- Klik tombol "Update" untuk mengupdate kehadiran
Mensetting Minimum Kehadiran
Langkah-langkah mensetting minimum kehadiran :
- Klik Menu "Daily Form" atau "Attedance"
- Pilih Program Studi (Prodi) jika belum terpilih
- Klik "Daftar Hadir Kuliah"
- Pilih Semester (default; semester berjalan)
- Klik tombol "Kelas" untuk memilih kelas perkuliahan
- Klik tombol "Sesi" untuk memilih sesi dari kelas perkuliahan dimaksud
- Klik tombol "Ok" untuk melihat list kehadiran
- Pada bagian paling bawah terdapat form Minimum Kehadiran, klik link "set kehadiran minimum"
- Isikan dalam bentuk persentase, ini berlaku untuk kelas perkuliahan dimaksud gabungan dari semua sesi
- Klik tombol "Update" untuk mengakhiri proses ini
Cetak Form Kehadiran Dosen
Langkah-langkah mencetak form kehadiran dosen :
- Klik Menu "Daily Form" atau "Attedance"
- Pilih Program Studi (Prodi) jika belum terpilih
- Klik "Daftar Hadir Kuliah"
- Pilih Semester (default; semester berjalan)
- Klik tombol "Kelas" untuk memilih kelas perkuliahan
- Klik tombol "Sesi" untuk memilih sesi dari kelas perkuliahan dimaksud
- Klik tombol "Cetak Form Teacher"
Cetak Form Kehadiran Mahasiswa
Langkah-langkah mencetak form kehadiran mahasiswa :
- Klik Menu "Daily Form" atau "Attedance"
- Pilih Program Studi (Prodi) jika belum terpilih
- Klik "Daftar Hadir Kuliah"
- Pilih Semester (default; semester berjalan)
- Klik tombol "Kelas" untuk memilih kelas perkuliahan
- Klik tombol "Sesi" untuk memilih sesi dari kelas perkuliahan dimaksud
- Klik tombol "Cetak Form Student"
Transkrip
Mengisi Transkrip
Langkah-langkah mengisi transkrip :
- Pilih menu transkrip
- Isikan nim mahasiswa, klik tombol "Tampilkan"
- Klik link "Automatic"
- Pilih matakuliah yang akan di tambahkan, dan klik tombol "Tambahkan Ke Transkrip"
Print Transkrip
Langkah-langkah print transkrip :
- Pilih menu transkrip
- Isikan nim mahasiswa, klik tombol "Tampilkan"
- Klik link "HTML Versi Indonesia"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Selamat datang di blog Sistem Informasi Akademik